Kamis, 20 Januari 2011

Wacana pelarangan operasi kapal penumpang berbahan fiberglass

Munculnya wacana pelarangan beroperasinya kapal-kapal penumpang berbahan fiberglass, sebagai respon atas terjadinya beberapa kecelakaan kapal berbahan fiberglass beberapa waktu lalu, akan berdampak luas jika wacana tersebut menjadi kenyataan. Alasannya, jumlah galangan dan kapal penumpang berbahan fiberglass yang beroperasi di dalam negeri saat ini sangat banyak dan melibatkan jumlah tenaga kerja yang sangat besar. Penggunaan bahan aluminium sebagai pengganti juga tidak mudah, karena membutuhkan teknologi dan kualifikasi SDM yang tinggi. Harga kapal alminium yang jauh lebih mahal juga berimplikasi pada biaya investasi dan biaya transportasi yang mahal. Menurut saya, hal ini merupakan masalah yang perlu dicari solusi teknologinya, bukan dengan menghentikan pengoperasiannya. Bagaimana pendapat Anda?

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Memang kapal fiber sangat riskan dengan tubrukan, karena bisa menyebabkan material pecah dan bocor. Tubrukan bisa dengan benda benda yang terapung di laut maupun karena kandas.
Usulan saya, sebaiknya dibuat standard konstruksi kapal berbahan fiber glass sbb:
1. Keel plate dibuat dari plat baja mulai dari transom sampai ke fwd (dari linggi buritan ke tengah kapal dan terus ke steam).
2. Konstruksi dibuat double skin, (double bottom dan double side) sehingga jika terjadi kebocoran pada kulit luar penumpang dan barang masih aman.
3. Sebaiknya ada badan khusus yang mengatur rules dan regulasi kapal fiber karena sampai saat ini biro klasifikasi kapal belum melakukan meskipun dalam buku rules dan regulasi ada bagian yang membahas mengenai fiber.

Sekian dan mohon masukan dari kawan-kawan lain

ISRAN
PT. TRISTAR MARINE/ Marine Surveyor
Ex. ClassNK Surveyor
Ex. Technical Superintendent to Redereei M. Lauterjung Co. GMBH Emden - Germany

Buana Ma'ruf mengatakan...

Masukan yang baik, ketiga usulan tsb sedang dikaji kemungkinannya, termsk melakukan riset ttg hal itu. Untuk usulan No.1, bagaimana teknik penyambungan bahan baja dgn lambung yg terbuat dari laminasi fiberglass? Apakah ada referensi galangan yang telah melakukan hal itu?
Terima kasih atas masukannya Dinda Isran.

Unknown mengatakan...

Kebetulan saat ini kami lagi design kapal fibre yang sedikit aneh atas permintaan owner material decknya baja, stem-keel-linggi buritan "baja 100mmx20mm", gading-gading utama "baja", fender/ pisang-pisang "baja" double bottom dan double side di daerah kamar mesin dan akomodasi.
Proses pembangunan sama dengan methode pembangunan fibre umumnya, buat cetakan lalu proses, setelah itu baru pasang konstruksi baja. system penyambungan fibre dijepit oleh baja luar dalam lalu di baut.
Tapi cara ini sementara masih uji coba untuk satu kapal.

Entri Populer