Selasa, 05 April 2011

Hasil Survei Galangan di Bitung/sekitarnya

Hasil survei saya di Bitung tgl 30-31 Maret 2011.
Bitung & sekitarx potensial utk terus dikembangkan, perairan ckp dlm, tenang, dan praktis gak ada pendangkalan, lokasi ckp strategis (pasar dr wil timur Indo, jg dkt dgn Pilipina), material tdk ada kesulitan dgn harga yg ckp kompetitif dgn daerah lain, tenaga kerja tersedia & bersaing, aman (tdk ada demo buruh). 
PT IKI unit Bitung, pasar/pelangganx banyak tapi kapasitas terbatas (perlu tambah lifting capacity & peremajaan alat, relayout  lokasi kantor dan bengkel. Dgn luas lahan 3,5 ha (termsk 1,5 ha dlm proses hukum) terdpt 5 bh slipway dgn kapasitas maksimum 1000 dwt, mampu menyelesaikan 60 unit kapal repair/tahun (sekitar 40% dari pasar lokal). Order reparasi kapal lbh dari kapasitasx disubkan ke galangan sekitar yg lbh besar, termasuk ke PT Kelapa Dua Permai yg berkapasitas 2500 dwt yg berlokasi di Pulau Lembeh (sekitar 10-15 menit dgn memakai boat dari Bitung. Gal terakhir ini tergolong baru (milik swasta), luar areal 4,5 ha (rata-rata 90 unit/th kapal repair). Order gal2 kpl di Bitung ini selain lokal/sekitarnya juga banyak dari kawasan timur seperti Maluku, Ternate, dll.
Salam
Dengan jarak yang sgt dekat dengan Pilipina & banyakx kapal2 yg beroperasi disekitarnya (terutama kapal ikan), mestinya galangan kapal di Bitung potensial dikembangkan utk meraih order yg lbh banyak lagi.
Bagi rekan2 yg punya pengalaman ttg hal ini dan komentar, silahkan dimuat disini.

2 komentar:

Buana Ma'ruf mengatakan...

Wilayah ini memiliki lokasi potensial secara teknis utk pengembangan industri galangan kapal.

Buana Ma'ruf mengatakan...

Sbg negara kepulauan, negara kita memerlukan armada kapal yang banyak dan sarana penunjang transportasi laut yang memadai. Namun pada kenyataannya, perkembangan sektor industri ini amat lambat. INPRES 5 Tahun 2005 hingga kini belum berjalan secara efektif. Dimana letak permasalahannya?

Entri Populer