Hasil survei saya di Bitung tgl 30-31 Maret 2011.
Bitung & sekitarx potensial utk terus dikembangkan, perairan ckp dlm, tenang, dan praktis gak ada pendangkalan, lokasi ckp strategis (pasar dr wil timur Indo, jg dkt dgn Pilipina), material tdk ada kesulitan dgn harga yg ckp kompetitif dgn daerah lain, tenaga kerja tersedia & bersaing, aman (tdk ada demo buruh).
PT IKI unit Bitung, pasar/pelangganx banyak tapi kapasitas terbatas (perlu tambah lifting capacity & peremajaan alat, relayout lokasi kantor dan bengkel. Dgn luas lahan 3,5 ha (termsk 1,5 ha dlm proses hukum) terdpt 5 bh slipway dgn kapasitas maksimum 1000 dwt, mampu menyelesaikan 60 unit kapal repair/tahun (sekitar 40% dari pasar lokal). Order reparasi kapal lbh dari kapasitasx disubkan ke galangan sekitar yg lbh besar, termasuk ke PT Kelapa Dua Permai yg berkapasitas 2500 dwt yg berlokasi di Pulau Lembeh (sekitar 10-15 menit dgn memakai boat dari Bitung. Gal terakhir ini tergolong baru (milik swasta), luar areal 4,5 ha (rata-rata 90 unit/th kapal repair). Order gal2 kpl di Bitung ini selain lokal/sekitarnya juga banyak dari kawasan timur seperti Maluku, Ternate, dll.
Salam
Dengan jarak yang sgt dekat dengan Pilipina & banyakx kapal2 yg beroperasi disekitarnya (terutama kapal ikan), mestinya galangan kapal di Bitung potensial dikembangkan utk meraih order yg lbh banyak lagi.
Bagi rekan2 yg punya pengalaman ttg hal ini dan komentar, silahkan dimuat disini.
Sharing information and discussion on various maritime technology related aspects and strategic management issues in maritime business, including ship design and production, shipyard business and operation, and other related issues in shipbuilding industry development.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Entri Populer
-
Kapal berbahan fiberglass memiliki peran penting di dalam menunjang transportasi laut nasional khususnya di wilayah pantai. Kapal jenis ...
-
Kapal berbahan fiberglass atau Fibreglass Reinforced Plastics (FRP) mem iliki beberapa keunggulan diba...
-
Bercermin dari Galangan Kapal China? Apa kekurangan Industry Galangan kapal kita? Kapan Kita bisa berbenah? Apa yang mesti dilakukan? ...
-
S ebagai Negara kepulauan , angkutan laut di Indonesia memiliki peran yang amat penting dimana sekitar 80 persen angkutan barang domest...
-
Hasil survei saya di Bitung tgl 30-31 Maret 2011. Bitung & sekitarx potensial utk terus dikembangkan, perairan ckp dlm, tenang, dan pr...
-
Munculnya wacana pelarangan beroperasinya kapal-kapal penumpang berbahan fiberglass, sebagai respon atas terjadinya beberapa kecelakaan kap...
-
Selamat bergabung dan sharing di Blog ManPlus2000. Semoga bermanfaat.
-
Rapat kordinasi Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo dengan sejumlah menteri lainnya di Kementerian Perindustrian tan...
-
Kinerja BUMN galangan kapal semakin terpuruk, hanya satu diantara 4 BUMN galangan yang memilki kinerja cukup baik. Data terakhir tahun ...
-
Industri galangan kapal nasional memiliki peran sangat penting di dalam mendukung perekonomian di sektor transportasi laut, bahkan menj...
2 komentar:
Wilayah ini memiliki lokasi potensial secara teknis utk pengembangan industri galangan kapal.
Sbg negara kepulauan, negara kita memerlukan armada kapal yang banyak dan sarana penunjang transportasi laut yang memadai. Namun pada kenyataannya, perkembangan sektor industri ini amat lambat. INPRES 5 Tahun 2005 hingga kini belum berjalan secara efektif. Dimana letak permasalahannya?
Posting Komentar